Rumah Ideal, Ruman Nyaman Listrik Aman

Rumah Ideal, Rumah Nyaman Listrik Aman dengan Schneider Electric
Kalau membicarakan soal rumah yang pastinya tahu rumah itu tempat tinggal ternyaman, tempat tumbuh bersama orang-orang yang kita sayangi, tempat pulang setelah seharian beraktivitas diluar. Kepinginnya rumah selalu estetik dan rapi agar benar-benar terasa nyaman ditempati. Mengisi dengan perabotan dan warna yang kita suka. Tapi kadang kita lupa satu hal iya masalah listrik. Dan ini terjadi saat aku memilih rumah yang aku tempati sekarang di daerah Depok.

Dulu awal membeli rumah ini karena murah, rumah kampung kemudian dipugar sesuai keinginan walaupun sederhana tapi cukup nyaman lah bagi keluarga kecil aku, tapi iya ada tapinya, masalah listrik setelah hampir 3 tahun awal muncul permasalahan masalah listrik, hampir setiap seminggu sekali mati listrik dan itu berlangsung lama. Mati listrik itu jadi rutin sebulan aman, bulan berikut hampir 3 - 4 kali listrik.

rumah ideal, rumah nyaman listrik aman

Tapi sudah mulai tahun ini banyak perubahan, mati listrik mulai jarang bisa dibilang hitungan jari deh, Pernah komplain kata petugasnya “Penduduknya makin banyak jadi harus dibangung lagi gardu listrik yang baru, untuk tambah daya”. Mau pindah rumah mikir lagi nih, karena harga rumah semakin kesini harganya makin mahal. Yang bikin betah disini lingkungan aman, tetangga juga baik-baik semua.

Nah buat teman-teman yang akan membeli rumah, bisa juga ditanyakan ke tetangga sekitar tentang permasalahan listrik ini, dan instalasi listriknya gimana ke developer rumah juga, karena sudah beberapa alat elektronik ku jadi korban, televisi, komputer dan lemari es, sedih gak sih. Dan yang salahnya juga karena instalasi listrik dan perlengkapan listrik yang ada di rumahku, sepertinya standar , jadi itu juga bisa jadi pemicu yang  mengakibatkan beberapa alat elektronik ikut rusak.

Rumah Nyaman Listrik Aman dengan Schneider Electric

Hal ini baru aku ketahui setelah mengikut Innovation Talk Rumah Nyaman, Listrik Aman bersama Schneider Electric dan Kumpulan Emak Blogger di Jakarta, menghadirkan beberapa pembicara seperti:
  • M. Farhan Lucky, Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia,
  • Ranu Scarvia Ria Fitri, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, dan
  • Nana Mirdad dan Andrew White sebagai Pasangan aktris dan homeowner.
 
rumah ideal, rumah nyaman listrik aman

Ternyata permasalahan di rumahku ini terletak pada pemilihan MCB (Miniature Circuit Breaker). yang memang sudah umum digunakan ternyata. MCB digunakan sebagai proteksi beban lebih dan korsleting listrik, namun bukan untuk proteksi kesetrum maupun proteksi terhadap induksi petir.

Selain sering mati listrik dan kalau hujan disini tuh, petirnya keras banget dan saling bersahutan, beda banget tuh hujan di Jakarta sama di Depok yang petirnya gak seseram disini. Itu juga mungkin faktor pemicu kedua alat-alat elektronik ada yang rusak.

Kata Pak Farhan Schneider Electric memiliki product Domae RCCB dengan kedua tipe Domae RCCB 30 mA dan 300 mA. Selain melindungi dari bahaya kesetrum, terdapat produk proteksi kelistrikan bernama Gawai Proteksi Arus Sisa atau lebih dikenal dengan istilah ELCB/RCCB yang berfungsi sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik, juga bahaya petir.

rumah ideal, rumah nyaman listrik aman
Bpk M. Farhan Lucky

Produk ini wajib digunakan di area residensial sesuai PUIL 2020 dan Permen ESDM No.7 tahun 2021. RCCB memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen, yaitu 30 mA untuk proteksi terhadap manusia dan 300mA untuk melindungi bahaya kebakaran akibat arus sisa. Beneran banget jadi tahu dan kemarin ingin buru-buru untuk memberitahu pak suami.

Dan lagi banyak kejadian nih, hampir rata-rata kebakaran yang terjadi itu akibat korsleting listrik sepertinya perlu banget diganti dengan yang lebih aman dan tentunya punya proteksi ganda seperti yang dimiliki oleh schneider electric ini. Karena ternyata perlindungan terhadap bahaya kebakaran, kesetrum dan lonjakan daya listrik pada rumah dan bangunan membutuhkan perangkat proteksi kelistrikan yang berbeda.

Tidak kalah keren inovasi lainnya yaitu product Sakelar AvatarOn selain menambah estetik dan perlindungan rumah kita. Sakelar kini bukan hanya soal fungsi, tetapi juga menjadi elemen penting dalam personalisasi dan detail desain interior. Dengan inovasi seperti AvatarOn dari Schneider Electric, sakelar dapat disesuaikan dengan warna, motif, bahkan mencetak foto atau momen spesial, memberikan sentuhan unik pada setiap ruang.

Lanjut Pak Farhan "Desainnya yang ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi yang simpel namun elegan. Sakelar yang dulunya dianggap sepele, kini menjadi bagian integral dari keseluruhan estetika ruangan, menyatukan fungsi dengan desain yang stylish dan modern, tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan,” 

rumah ideal, rumah nyaman listrik aman

Di balik tampilannya yang modern, AvatarOn juga dilengkapi teknologi Slim Rocker, Sure Click yang meminimalkan risiko percikan api, serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap. Memenangkan iF Design Award 2017, sakelar ini juga menyediakan fungsi tambahan seperti gantungan kunci dan soket USB, menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari. Ini sih kalau begitu bikin lampu awet ya karena sudah ada proteksinya.

rumah ideal, rumah nyaman listrik aman


Nah, di jaman ini juga selain mengurangi gas emisi karbon dari polusi kendaraan banyak sekali sekarang di pasarkan mobil listrik dan Schneider Electric menghadirkan solusi pengisian daya kendaraan listrik melalui Schneider Charge. Solusi ini dirancang untuk memberikan kemudahan pengisian daya di rumah yang efisien, praktis dan cepat.

rumah ideal, rumah nyaman listrik aman

Schneider Charge menjadi solusi ideal bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia yang ingin mengintegrasikan gaya hidup serba listrik ke dalam keseharian mereka, seiring dengan berkembangnya ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Dengan kemudahan instalasi dan visibilitas penggunaan listrik yang dapat diakses secara real time melalui aplikasi smart control Monta App, kita dapat merencanakan pengisian daya kendaraan dengan lebih efektif.

Schneider Charge juga memastikan proteksi kelistrikan terbaik untuk hunian. Schneider Electric memastikan bahwa solusi ini aman dan sesuai dengan standar kelistrikan, sehingga penghuni dapat menikmati pengalaman pengisian daya yang andal tanpa mengorbankan aspek keamanan.

Inovasi dari Schneider Electric ini perlu banget diapresiasi gak sih, selain bisa menambah estetik dan keindahan rumah juga mempunyai perlindungan ganda untuk instalasi listrik kita dan ramah lingkungan.

rumah ideal, rumah nyaman listrik aman

Rumah Minimalis Ala Andrew White dan Nana Mirdad

Pasangan aktris ini yang menetap di Bali ini pun berbagi tips saat membangun rumah impiannya. Kata Nana “Saat membangun rumah impian, kami ingin setiap anggota keluarga, termasuk anak-anak, bisa mengekspresikan ide dan keinginan mereka. Kami sangat memperhatikan setiap detail interior, hingga penempatan sakelar sekalipun, karena kami ingin semuanya selaras dengan konsep desain kami. Beruntung ada inovasi saklar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan timeless banget. Jadi lebih estetik. Cover sakelarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita inginkan. Memungkinkan kami berkreasi tanpa batas.”

Bener aku juga pernah lihat di tayangan televisi kagum banget sama arsitektur rumahnya, yang luas dan banyak tumbuhan. Mudah-mudahan nanti bisa memiliki rumah seperti pasangan aktris ini ya.

So, Jadi kesimpulannya saat kita melihat rumah bukan hanya  sebagai bangunan fisik, dengan atap di atas kepala dan unsur estetika ditentukan oleh furnitur. Padahal, untuk menjadi sebuah rumah dibutuhkan lebih dari sekedar itu.

Pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan agar tidak hanya indah namun juga aman. Selain itu kenali perangkat proteksi kelistrikan. Pentingnya penggunaan peralatan listrik secara bertanggung jawab. Dan seorang ayah nih wajib juga memberikan edukasi kepada anggota keluarga  tentang cara aman menggunakan peralatan rumah tangga, terutama yang terkait dengan listrik.

Untuk menjaga keamanan keluarga dari bahaya kelistrikan, pilihlah produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI, pilih material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. Cek rutin daya beban listrik minimal tiga bulan sekali. 

Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. Karena produk kelistrikan berkaitan langsung dengan keselamatan kita, orang-orang disekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi. Jadi bisa dibilang rumah Ideal, rumah nyaman, listrik aman.


Semoga bermanfaat
UtieadnušŸ˜Š




20 comments

  1. urusan listrik ternyata para perempuan wajib paham juga ya apalagi kalau ingin makin estetik sekarang udah ada Schneider Electric selain aman juga estetik

    ReplyDelete
  2. Masya Allah urusan saklar juga dipikirkan produk ini ya demi mendapat hasil yang bukan menjamin kenyamanan dan keamanan aja tapi juga astetika. Nice product!

    ReplyDelete
  3. Sebelum membangun rumah, memang lebih baik bukan hanya memperhatikan desain yang bagus, tapi juga tata letak kelistrikan biar aman dan nyaman. Jauh dari bahaya konsleting.

    ReplyDelete
  4. Nah, penting banget ya..
    Tiap rumah juga memastikan instalasi kelistrikannya akan lebih baik dilengkapi dgn proteksi perangkat yg berfungsi dengan daya yang bagus serta mencegah dari percikan kebakaran akibat konsleting listrik

    ReplyDelete
  5. kenyamanan adalah hal paling utama ketika membangun rumah, karena rumah yang nyaman akan membuat semua anggota keluarga merasa aman untuk tinggal di dalamnya ya mba

    ReplyDelete
  6. Hunian yang bikin kitanya nyaman tinggal memang kudu diimbangi dengan keamanan pada listriknya. Jadi kudu paham dulu kan kelistrikan ini dengan baik ya

    ReplyDelete
  7. Unik ini...sakelar Schneider Electric menyediakan fungsi tambahan sebagai gantungan kunci dan soket USB. Udahlah juga tampilannya modern, desain personal, teknologinya aman pula. Jadi pengin ganti sakelar di rumah ini

    ReplyDelete
  8. Aku aja baru belakangan ini aware soal kelistrikan, karena ngeri juga kalo ada korslet atau masalah dgn listrik. Untung di rumah udah pake perangkat elektrik dari Schneider, jadi aman dan nyaman deh rumahnya, aamiin

    ReplyDelete
  9. pastikan instalasi listrik di rumah dipasang oleh ahli berlisensi. Periksa secara berkala kabel dan peralatan listrik agar tetap dalam kondisi baik. Gunakan alat listrik yang berkualitas dan sesuai standar keamanan. Selain itu, pasang perangkat pengaman seperti MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk mencegah korsleting dan kebakaran. Dengan tindakan ini, rumah akan terasa lebih nyaman dan aman.

    ReplyDelete
  10. Setuju kalau dibilang rumah yang ideal itu yang listriknya sudah pasti aman, terhindar dari resiko-resiko yang bisa disebabkan listrik. Ini ideal karena bikin kita lebih nyaman di rumah.

    ReplyDelete
  11. Bener banget! Rumah bukan cuma soal estetik, tapi juga keamanan listrik. Jangan lupa, proteksi yang oke bikin hidup lebih tenang dan nyaman! šŸ˜Š

    ReplyDelete
  12. Mempunyai rumah ideal ternyata bukan desain saja yang nampak indah ya tapi instalsi listrik harus dipastikan aman supaya penghuni rumah terhindar dari bahaya kelistrikan

    ReplyDelete
  13. Penting banget ya milih perangkat listrik yang aman. Semoga aku juga bisa punya rumah nyaman kayak gitu

    ReplyDelete
  14. Iya, betul. Pemilik rumah harus rewel dan paham tentang listrik. Suami saya termasuk yang paham. Jadi, gak serahin gitu aja ke teknisi. Tapi, suka nanya-nanya juga biar tau kalau produk yang dipakai memang bagus dan pemasangannya aman

    ReplyDelete
  15. Emang penting banget pasang listrik yang anti kesetrum dan korslet apalagi estetik Dari Schneider electric jadi tambah nilai plus yah

    ReplyDelete
  16. Rumah yang indah dan nyaman juga kudu aman yaa..
    Karena adanya kelistrikan dari produk Schneider Electric Indonesia, rumah nyaman lisrik aman bisa terwujud secara bersamaan. Selain itu juga banyak kelebihan lain seperti AvatarOn.

    ReplyDelete
  17. Nah iya, penting sekali memilih perangkat listrik yang aman. Karena belakangan ini banyak terjadi kebakaran karena konsleting listrik. Perangkat listrik yang aman seperti produk Schneider Electric bisa jadi rekomendasi yaa...

    ReplyDelete
  18. Avatar on keren nih sebagai inovasi kelistrikan Schneider Electric. Emang paling ngeri klo soal kelistrikan, karena klo udh konslet bisa bikin kebakaran.. jd harus wajib punya perangkat yg aman di rumah

    ReplyDelete
  19. Wah iya. Soal keamanan dan kenyamanan listrik di rumah ini amat penting, tapi sejauh pengamatanku masoh banyak yqng abai lho. Contoh kecil' pakai colokan berderetan gitu. Terus klo ada kabel terkelupas dibiarkan saja. Dll.

    ReplyDelete
  20. Sejak banyak rekan yang membicarakan soal listrik aman di rumah begini, aku jadi tersadar deh Mba. Misal mau beli hunian itu, bukan cuma estetik dan airnya saja yang diperhatikan, namun juga instalasi listrik yang dipasang oleh developer-nya. Kebayang deh bagaimana jadinya itu segala perlengkapan listriknya Mba Utie di rumah waktu sering kena pemadaman listrik. Wadudu ....

    Aku merhatin AvatarOn, cakep yaaaa. Bahkan bisa di custombiar tetap estetik dan unik kalau mau pasang saklar baru di rumah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasihšŸ™