Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV
Tahu tidak teman setiap jam terdapat 2 perempuan Indonesia meninggal karena kanker leher rahim atau kanker serviks, bikin seram ya, karena mendengar kata kanker saja sudah membuat kita takut. Untuk perlu sekali upaya kita sebagai perempuan untuk aware terhadap penyebab, bagaimana dan cara apa agar terhindar dari penyakit mematikan ini? Karena kanker serviks adalah musuh perempuan.

Oh iya sebelumnya aku mau cerita kemarin tgl 13 Agustus 2024, menghadiri acara campaign #TenangUntukMenang Perempuan Indonesia Merdeka dari Bahaya Kanker Leher Rahim' di Jakarta hadir beberapa pembicara yang mengungkap fakta dan penyebab terjadinya kanker serviks ini. Juga bagaimana cara mengatasinya.



cegah kanker serviks dengan vaksin hpv



Diantara pembicaranya hadir dr. Ivander R. Utama, F.MAS, SpOG, MSc Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, yang mengatakan "Memang benar bahwa serviks hanya dimiliki oleh perempuan, sedangkan laki-laki tidak memiliki serviks."Namun, penyebab kanker serviks adalah virus, dan virus ini tidak memandang jenis kelamin. Baik laki-laki maupun perempuan dapat terinfeksi virus HPV (Sebagai virus, tentu kita perlu mencari cara untuk mengatasinya. Untuk kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV, kita bisa menggunakan vaksinasi sebagai upaya pencegahan.

"Virus HPV ini dapat menyerang baik laki-laki maupun perempuan. Pada laki-laki, gejalanya bukan kanker serviks, tapi bisa berupa kanker penis atau kanker di ujung kemaluan laki-laki. Virus ini juga dapat menyerang daerah anus dan tenggorokan, terutama pada orang yang sering melakukan oral seks,"

apa penyebab kanker serviks


Vaksin HPV cegah kanker serviks



Bagaimana Cara Pencegahan Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang memberikan beban morbiditas dan mortalitas tinggi pada perempuan. Banyak perempuan yang meninggal atau terkena kanker ini. Kanker serviks selalu berada di peringkat dua atau tiga sebagai penyebab kanker yang fatal pada perempuan.

Tanpa disadari, delapan dari 10 orang, baik perempuan maupun laki-laki, akan terinfeksi HPV sepanjang hidup mereka. Di Indonesia, setiap jam, dua perempuan meninggal akibat kanker serviks.

Setiap hari ada 50 perempuan yang meninggal karena kanker serviks, dengan 88 kasus baru terdeteksi setiap harinya. Indonesia pun menempati posisi pertama dengan jumlah kasus kanker serviks terbanyak di Asia Tenggara.

Hadir Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan, Prima Yosephine, mengatakan “Vaksinasi human papillomavirus (HPV) gratis yang dibagikan di program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dipastikan aman dan berkualitas baik sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Sama dengan yang diberikan di rumah sakit atau tempat praktek dokter.”

penyebab kanker serviks

kanker serviks musuh perempuan


Semua vaksin yang diberikan saat BIAS, termasuk vaksin HPV, telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan adanya izin tersebut maka dapat dipastikan vaksin tersebut aman. Vaksin-vaksin tersebut juga gratis karena ditanggung negara menggunakan uang dari pajak yang dibayarkan masyarakat sehingga orang tua rugi apabila melewatkan kesempatan tersebut untuk membuat anak sehat. Dia menambahkan orang tua juga dapat menyesal seumur hidup apabila anak sakit karena kelalaian mereka.

Nah, Kemenkes menargetkan 90% anak perempuan usia 11 dan 12 tahun kelas 5 dan 6 atau setara, termasuk yang tidak bersekolah, menerima vaksin HPV lengkap.

Dan pada BIAS 2023, beberapa kota di Indonesia telah berhasil mencapai target 90% cakupan imunisasi HPV. Namun, sejumlah besar kota masih memiliki cakupan yang rendah dan belum mencapai target. Diperlukan upaya berkelanjutan dan peran aktif dari berbagai pemangku kepentingan dalam upaya membangun kesadaran di masyarakat terkait urgensi imunisasi HPV, guna mencapai cakupan yang lebih tinggi serta merata pada BIAS tahun ini yang dilaksanakan pada bulan Agustus.

Apa Ciri-ciri seseorang Terkena Kanker Serviks?

Pada kenyataannya banyak kasus kanker serviks baru terdeteksi pada stadium lanjut, ketika gejala mulai muncul,
  • Seperti perdarahan saat berhubungan suami istri,
  • Keputihan yang berlebihan dan berbau busuk, atau
  • Nyeri saat buang air kecil.



penyebab kanker serviks

Gejala-gejala ini biasanya muncul pada stadium akhir, di mana kanker sudah tidak bisa diobati dengan operasi dan harus diatasi dengan kemoterapi atau radiasi. Karena kita tidak pernah tahu kapan mulai terkenanya, pencegahan dengan cara vaksinasi adalah langkah terbaik. Dan sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa efektivitas vaksin kanker serviks mendekati 100 persen. Jadi, bagi yang sudah divaksin, biasanya akan terproteksi dengan sangat baik.

Virus HPV Bisa Tertular Lewat Apa?

Ternyata banyak orang mengatakan bahwa virus HPV bisa ditularkan hanya melalui kontak seksual, tapi juga bisa melalui kontak non-seksual. Meskipun begitu, sebagian besar kasus kanker serviks memang disebabkan oleh kontak seksual genital dengan genital, bisa juga dengan antar genital dengan anus atau anogenital, bisa juga melalui urogenital atau dari oral seks.

Namun, jangan salah, kontak kulit yang erat dan lama, bahkan kulit yang saling bergesekan, juga bisa menjadi media penularan virus HPV. Meskipun penularan melalui kontak genital tetap menjadi yang paling umum, penting untuk memahami bahwa virus HPV juga bisa menyebar melalui cara lain.

Apakah Infeksi HPV Bisa Terjadi pada Usia Remaja?

Infeksi virus HPV dapat mulai terjadi pada usia yang sangat muda, bahkan sekitar 15 tahun. Seringkali, orang tua tidak mengetahui kapan anak mereka mulai aktif secara seksual Karena hampir rata-rata setiap orang tua cenderung berpikir positif tentang anaknya. Padahal, banyak aktivitas seksual yang terjadi tanpa sepengetahuan orang tua.

Virus HPV dapat menyebar sejak usia muda dan baru muncul sebagai kanker serviks ketika seseorang berumur 30-40 tahun. Inilah alasan vaksinasi sebaiknya dimulai sejak usia dini, untuk mencegah infeksi di masa depan.

Selain menginfeksi serviks, HPV juga bisa menyebabkan kanker di organ lain, seperti anus, vagina, atau bibir kemaluan. Penting untuk diingat bahwa HPV adalah virus yang bisa dicegah dan dihentikan penyebarannya dengan vaksinasi.

Semoga kita sebagai orang tua tetap menanam pendidikan agama kepada anak-anak. Dan mulai detik ini jalankan pola hidup sehat, lakukan pencegahan sejak dini dengan vaksinasi, dan jika statusnya sebagai istri, rutin screening memeriksa kesehatan ke dokter. 

Nexgen Inovasi dari Tatalogam Lestari di Indo Build Tech Expo 2024

Nexgen Inovasi dari Tatalogam Lestari di Indo Build Tech Expo 2024
Mempunyai rumah yang kokoh, tahan lama, anti korosi dan dari bertahan  guncangan cuaca tentunya jadi menghemat budget, untuk kedepannya. Apalagi bahan-bahan yang digunakan ramah lingkungan. Nah kemarin hari jumat tepatnya tanggal 09 Agustus 2024 aku datang ke Pameran Building Material, Architecture & Interior terbesar di Indonesia, Indo Build Tech Expo di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang.

inovasi-nexgen-dari-tatalogam-lestari-di-indo-build-tech-2024

Oh iya sebelumnya, hampir mayoritas bangunan, baik rumah, ruko hingga gedung perkantoran menggunakan rangka baja sebagai pondasi atap. Banyak hal yang menjadikan rangka dari material baja begitu sangat populer di dunia konstruksi saat ini. Salah satu keunggulannya tentu karena kekuatannya yang tidak diragukan lagi. Rangka menggunakan material baja dinilai sangat kuat dalam hal menopang beban yang berat.

Ditambah, ketersediaan yang banyak dan dapat dengan mudah ditemui di distributor besi baja serta penggunaan jangka waktu yang jauh lebih lama dibanding rangka kayu yang mudah rusak karena rayap menjadikan rangka dengan material baja ini semakin diminati. Lebih dari itu, proses pemasangan rangka yang satu ini juga terbilang lebih mudah. Rangka baja juga terbilang mudah dalam pemasangannya. Meski terbilang mudah, pemasangannya tetap harus dilakukan dengan hati-hati.

Atap merupakan elemen vital yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam sebuah bangunan beserta isi di dalamnya. Jenis material konstruksi yang dapat digunakan untuk membuat rangka atap. 

Sebelumnya, penggunaan material kayu sebagai konstruksi rangka atap cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu ketersediaan material kayu yang berkualitas semakin sulit untuk ditemui. Di sisi lain, kayu juga memiliki harga yang terbilang cukup mahal dengan kualitasnya yang standar.

Sementara itu, adanya kemajuan dan perkembangan di dunia konstruksi membuat industri konstruksi serta material bangunan mengalami perkembangan dimana banyak material konstruksi bangunan baru yang jauh lebih efisien dan efektif untuk digunakan. Salah satunya adalah baja yang umumnya dijual oleh distributor besi baja dengan berbagai keunggulan. Maka tidak heran bila rangka baja belakangan ini banyak dijadikan pilihan oleh banyak orang sebagai alternatif pengganti rangka kayu.

nexgen dari tatalogam lestari


Tatalogam Lestari Memperkenalkan Produk Nexgen

Nah, di Indo Build Tech Expo di ICE BSD Tangerang. Ada sekitar 500 brand nasional dan internasional seperti dari China, Jepang, Korea, Latvia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Salah satu yang aku kunjungi adalah booth Tatalogam Group, yang merupakan salah satu perusahaan nasional.

Semua sudah pasti tahu ya, bahwa PT Tatalogam Lestari adalah perusahaan genteng metal dan baja ringan terbaik di Indonesia, dalam pameran kali ini memperkenalkan teknologi logam terbaru yaitu Nexgen (Generation Technology).

Produk-produk Nexgen seperti Domus Fastrac, Purlin, Sakura Roku, Ondulit, Toho, S Gutter dan Speed Panel yang sudah tahan api, dihasilkan dengan teknologi ini. Teknologi ini kumpulkan dari Jepang, Italia, Australia, dan New Zealand dibawa ke Indonesia dan aplikasikan pada logam hasil produksi, sehingga menghasilkan berbagai material bangunan yang lebih ringan dan kuat.

tatalogam lestari di indo build tech 2024

Untuk teman-teman yang berencana membangun rumah, boleh banget loh menggunakan produk-produk nexgen ini, karena produk berbasis logam yang disegmentasikan untuk hunian dan industrial ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan material bangunan bagi gen z dan gen alfa.

Selain ini aku kemarin sempat menyaksikan demo dari speed panel yang memasangnya sangat mudah seperti bermain lego saja, karena memang semua produk nexgen lebih ramah lingkungan. Pasalnya dengan teknologi ini, limbah yang dihasilkan di lokasi konstruksi jadi lebih sedikit karena material yang digunakan sebagian besar sudah difabrikasi sehingga hanya perlu penginstalan saja di lokasi pembangunan.

inovasi nexgen dari tatalogam lestari
Harsono Mintono - General Manager, PT. Tatalogam Lestari


nexgan dari tatalogam lestari

Oh iya teknologi-teknologi yang dikumpulkan untuk memproduksi produk-produk Nexgen, di bawa ke Indonesia melalui mekanisme joint venture atau mekanisme-mekanisme lain. Yang, nantinya diharapkan dapat mendorong adanya investasi baru di tanah sehingga tentunya berdampak pada terbukanya lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia dan meningkatnya perekonomian nasional.

rangka baja tatalogam lestari

Apa Saja Keunggulan Menggunakan Rangka Baja Sebagai Pondasi Atap Bangunan?

Sebagai salah satu alternatif pengganti rangka kayu, tentunya rangka menggunakan material baja ini menawarkan kelebihan atau keunggulan yang tidak ditawarkan oleh rangka kayu. Berikut ini beberapa kelebihan rangka atap dari baja yang dapat dijadikan pertimbangan saat ingin membangun sebuah bangunan dan membelinya.

Memiliki Daya Tarik yang Tinggi dengan Bobot yang Ringan
Karakter daya tarik serta bobot yang dimiliki oleh baja ini memudahkan proses pengerjaan rangka atap. dengan daya kekuatan yang tinggi dalam satuan beratnya membuat baja mudah untuk diaplikasikan. Oleh sebab itu, baja sangat cocok untuk digunakan sebagai rangka atap terutama atap dengan jarak bentang yang cukup besar.

Tangguh dan Memiliki Daktilitas yang Baik
Karakter tangguh pada baja merupakan kemampuan dimana sebuah material dapat menyerap energi dengan jumlah yang cukup besar. Baja mampu menahan deformasi yang besar tanpa harus menyebabkan kerusakan pada beban tarik. Ketangguhannya membuat baja dapat menahan beban deformasi dengan baik selama proses fabrikasi, transportasi, hingga konstruksi tanpa menyebabkan kerusakan.

Hal ini menjadikan baja sangat berbeda dengan kayu yang memiliki karakter keras dan yang dapat hancur dengan mudah apabila terkena beban yang terlalu berat secara tiba-tiba. Rangka atap baja dapat memberikan kelenturan, beban kejut, dan beban geser sehingga bentuk strukturnya menjadi lebih fleksibel.

Mempunyai Sifat Serupa karena Produk Fabrikasi
Baja diproduksi dan dijual melalui distributor besi baja dengan mutu yang sesuai standar dan serupa sehingga kualitasnya tidak banyak mengalami perubahan sepanjang penggunaan.

Tahan Lama dan Anti Rayap
Berbeda dengan rangka kayu yang dapat dengan mudah mengalami kerusakan akibat rayap. Baja merupakan material yang tahan terhadap rayap. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh baja apabila dibandingkan dengan rangka kayu. Oleh sebab itu rangka dengan material baja dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Ditambah rangka baja tidak memerlukan perawatan yang sulit sehingga dapat menghemat biaya perawatan.

Anti Karat
Selain tahan terhadap rayap, rangka baja memiliki keunggulan tahan terhadap korosi yang dapat menimbulkan karat. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun rangka baja dapat digunakan kembali apabila sudah tidak terpakai hal tersebut menjadikannya lebih ekonomis. Setelah dibongkar, baja yang sudah terpakai tersebut tetap memiliki harga jual. Hal ini juga menjadikannya sebagai material konstruksi yang ramah lingkungan.

Proses Pemasangan Mudah dan Relatif Cepat
Proses pengaplikasin rangka baja untuk keperluan atap sebuah bangunan dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Waktu pengerjaannya dapat diperkirakan berdasarkan luas atap yang akan dipasang rangka. Hal ini dikarenakan rangka baja hanya perlu disambung menggunakan batu atau dengan metode las hingga membentuk sebuah rangka. Dengan bobot yang lebih ringan membuat material yang satu ini mudah untuk digunakan.

purlin tatalogam lestari

So,,,,, gimana jika ingin teman-teman berniat ingin membangun rumah, atau membeli rumah, ruko bisa sekali menggunakan produk-produk nexgen dari PT. Tatalogam Lestari selain ramah lingkungan, tahan segala cuaca dan api juga dijamin tahan lama.


utieadnu😊


Bahayanya Skincare Etiket Biru

Bahayanya Skincare Etiket Biru, Jika Tanpa Resep Dokter
Sudah dari sananya nih atau bisa disebut lumrah, perempuan itu ingin selalu tampil cantik, dan kalau bisa beda dengan yang lain. Dan ingin jadi pusat perhatian. Selama perempuan ingin cantik, glowing, fresh kulitnya tidak kusam. Maka bisnis skincare adalah hal yang sangat menjanjikan. Karena pada kenyataan pangsa pasar nya jelas karena perempuan ingin tampil selalu lebih cantik. Tapi sayangnya masih banyak yang mengatakan bahwa cantik itu harus putih.

Nah, hal ini tentunya menjadikan brand-brand skincare bermunculan. Di tahun 2019 terdapat 565 industri kosmetik dan di akhir tahun 2023 jumlah industri kosmetik mencapai 1.067. Selain bertumbuh, industri kosmetik lokal juga berkembang dengan memberikan berbagai produk inovatif bagi para konsumen. 

bahayanya skincare etiket biru


Banyak industri kosmetik lokal yang terus terpacu untuk menghasilkan produk dengan teknologi dan tren terkini, termasuk skincare etiket biru. Tapi hanya beberapa yang terdaftar di BPOM, ini yang harus menjadi warning buat kita perempuan. Hal ini disampaikan oleh Bpk Irwan, S.Si, Apt, M.K.M selaku direktur Pengawasan Kosmetik BPOM diacara Wellfest 2024 di Central Park Jakarta pada tanggal 4 Agustus 2024.

wellfest 2024

Oh iya sebelumnya acara Indonesia Wellness Festival (Wellfest 2024) diadakan setiap tahunnya yang diselenggarakan Chemistry sebagai event organizer bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan Mengusung unsur natural, beauty, and wellness, Wellfest 2024 juga menjadi tempat bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan aktivitas seputar gaya hidup wellness, juga produk-produk yang aman dan bermutu. 

Salah satunya talkshow yang aku hadiri kemarin dengan tema Skincare Etiket Biru Bukan untuk Semua. Selain Bpk Irwan hadir juga:
  • Dr. dr. Fitria Agustina, Sp, D. E., FINSDV, FAADV sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin
  • Vebby Palwinta Aktris dan Penyanyi.
skincare etiket biru
Vebby Palwinta, dr Fitria & Bpk Irwan

Skincare Etiket Biru Bukan untuk Semua

Banyaknya perempuan ingin tampil cantik tapi kadang menempuh dengan cara instan untuk mewujudkan salah satunya menggunakan skincare etiket biru, padahal itu sangat tidak dianjurkan karena jika digunakan secara sembarangan akan mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah.

Apa Itu Skincare Etiket Biru?
Etiket Biru adalah istilah yang digunakan untuk sediaan farmasi yang dibuat secara racikan.

Skincare Etiket Biru merupakan istilah untuk perawatan kulit yang mengandung bahan obat keras dan dibuat sebagai racikan, Produk ini bersifat personal khusus disiapkan untuk pasien yang telah berkonsultasi dengan dokter yang dituliskan resep berdasarkan diagnosis, (racikan dokter).

Dan tentunya tidak dijual bebas, dan dilarang keras kita menggunakan racikannya karena mungkin telah melihat hasil pada wajah orang lain, berubah menjadi lebih glowing misalnya, terus jadi fomo ikut menggunakannya dan membeli secara bebas 

skincare etiket biru

Lanjut Bpk Irwan, "Tahun 2024 ini kita mencoba untuk meng-cluster (pengawasan kosmetik) secara berkala dan fokus supaya intervensinya juga baik. Oleh karena itu, intensifikasi pengawasan pada klinik kecantikan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pengawasan yang kami lakukan tetap berkala tiap bulan, tapi yang kami sampaikan saat ini adalah potret dari hasil pengawasan serentak di seluruh Indonesia terhadap sarana klinik kecantikan. Dari 731 sarana klinik kecantikan yang diperiksa, hasilnya 239 sarana (33%) tidak memenuhi ketentuan."

Berseru Gerakan dari BPOM untuk Skincare Etiket Biru

Tersebarnya skincare dari etiket biru yang tidak sesuai ketentuan, kita harus bersama-sama untuk melakukan penertiban skincare etiket biru karena kita melihat bahwa kegiatan tidak efektif. Kalau dilakukan hanya oleh BPOM saja. Harus ada kerjasama baik dari pelaku usaha, dari profesi, bahkan tentunya dari masyarakat sendiri. Gerakan tersebut dinamakan Berseru (Bersama tertibkan skincare etiket biru)

Masyarakat harus memahami bahwa skincare etiket biru ini di samping membahayakan kesehatan juga. Merugikan perekonomian, jadi kita harus bersama-sama untuk menertibkan skincare eetiket biru ini, sehingga masyarakat bisa terlindungi kesehatannya dari skincare etiket biru yang tidak sesuai.

Bahayanya Skincare Etiket Biru.

dr Fitria mengatakan “Skincare etiket biru ini, bukan untuk semua. Jadi yakinkan kalau kita menggunakan produk ini yakin, kita mendapatkannya. Memang dari dokter dan mendapatkannya dari apotek, bukan yang dijual secara online.

Apa sih efek sampingnya? Bahayanya seperti apa? Kalau kita menggunakan skincare etiket biru yang tidak sesuai dengan standar, diserahkan dokter tentunya banyak banget. Skincare bertiket biru itu isinya adalah bahan obat. Jadi tentunya bahan obat ini spesifik untuk seseorang dan bergantung dengan diagnosisnya. 

Biasanya menjadi konsumen utama adalah perempuan, Meski ada laki-laki tapi jumlahnya sedikit, dan apa bahayanya sudah pasti tadi bahan obat yang pastinya kalau tidak sesuai atau pemakaiannya tidak dikontrol sangat bebas, akan sangat berbahaya.

Mungkin istilah sekarang bisa disebut “skincare dosting (dosis tinggi)”, yaitu untuk hasil yang lebih cepat itu sangat bahaya sekali sebetulnya. Biasanya itu seperti produk-produk pencerah yang harganya lebih murah.

Produk-produk pencerah skincare etiket biru atau “racikan dokter” mengandung formula seperti : 

Hidrokuinon
Hidrokuinon sampai saat ini tetap masih digunakan sebagai salah satu obat. Yang digunakan untuk lightening untuk mencerahkan karena ternyata hidroquinon itu memang bisa mengurangi jumlah pigmen kita melanosit. Tapi tentunya pemakaiannya harus dikontrol dan tidak boleh pemakaiannya terlalu panjang, kita tinggal di Indonesia yang paparan mataharinya. All day long setiap tahun tidak pernah ada surutnya. Paparan mataharinya banyak dan melanin ini akan berfungsi sebagai barrier sebagai pertahanan kita. Tapi kalau penggunaan yang tadi ingin glowing dan pakainya dominan dosisnya tidak kira-kira. Biasanya dalam skincare atau obat skincare etiket biru ini maksimal diberikan dosis 4%.

bahayanya skincare etiket biru

Tetapi kalau dijual bebas tanpa kontrol dan tidak tepat, apalagi hasilnya ingin express, mungkin terjadi malah sebaliknya, bukan glowing tapi malah menghitam istilah kedokterannya kita kenal dengan nama otonomos oxygen jadi kulitnya menghitam., kalau dilihat dari dekat kulitnya itu akan terlihat gelap menghitam bahkan warnanya agak biru keabu abuan. Jadi malah yang terjadi kebalikannya pinginnya menekan jumlah melanin berkurang. Tapi ternyata Melania malah lebih banyak dan ada di setiap learing kulit. Yang kita sebut sebagai kronos eksogen bahkan ada yang sampai leher karena biasanya leher juga diolesi krimnya. Dengan tujuan agar wajah dan leher sama glowing.

Kortikosteroid
Nah bahan aktif apalagi atau bahan obat, yang sering berada di dalam skincare etiket biru yang sebetulnya akan bermanfaat jika diberikan dengan resep dokter dan dengan pengawasan dokter. Tapi akhirnya dipakainya tidak dalam pengawasan yaitu kortikosteroid.

Kortikosteroid itu sebetulnya biasanya kita kenal dengan krim anti radang anti inflamasi. Jadi kalau misalnya kulitnya gatal atau merah dioleskan dengan krim atau lotion yang mengandung kortikosteroid ini langsung adem. Dan dalam pemakaiannya tidak boleh lebih dari 2 minggu. Karna potensi dari kortikosteroid ada potensi sangat super dan potensi yang paling ringan. Jadi dengan potensi yang mana tentunya pastinya si dokternya yang tahu, yang tepat untuk pasiennya.

Tetapi kalau misalnya dibeli secara bebas tidak jelas, kita nggak pernah tahu pasti yang pakai krim itu kulitnya gak merah adem-adem aja terus hasilnya bersih gitu kan. Nah apa efek samping yang terjadi pada kulit? Yang pertama yang paling sering kelihatan adalah :

skincare etiket biru efek sampingnya

  • Telangiectasias depigmentation hypertrichosis
Apa sih yang telangiectasias?  lihat gambar yang paling kiri . Bisa kita lihat pembuluh darah kulit yang melebar itulah telangiectasias jadi pembuluh darah. Kulitnya melebar dan kelihatan seperti jala-jala kemerahan itu bukan berarti kulitnya tipis., tapi justru malah yang terjadi adalah pelebaran pembuluh darah yang ada di dermis atau lapisan kulit di bawah epidermis kelihatannya dari luar.
  • Telangiectasias, atrophy hypertrichosis
Sebenarnya ini kondisi langka yang ditandai dengan pertumbuhan rambut secara berlebihan. rambut rambut tipis muka atau di wajah jadi lebih lebar. bahkan bisa sampai menutupi seluruh wajah, juga suka ditemui bercak bercak yang malah jadi kelihatan putih-putih
  • Topical corticosteroid - induced hypertrichosis
Seringkali kelihatan mukanya agak semu-semu pinkish, tidak normal agak menciut dan menghitam.

Asam Retinoat
Penggunaan yang sering juga adalah asam retinoat, retinoat ini aman untuk skincare, etiket biru tapi tetap dengan pengawasan dokter. Targetnya biasanya menghilangkan kerut. Biasanya klaimnya anti aging, bahkan kondisi jerawat bisa mengurangi kondisi keparahan jerawat. Bisa juga untuk kondisi hiperpigmentasi atau flek.

Apa efek sampingnya kalau dipakai tidak tepat, kulit wajahnya bisa kelupas banyak, skin barrier nya akan rusak atau akan terganggu dengan penggunaan asam retinoat yang tidak tepat karena terkelupas hebat.

Kemudian Vebby sendiri hanya berbagi pengalaman, pernah menggunakan skincare beretiket biru saat kulit wajahnya breakout parah tetapi dengan konsultasi ke dokter. Nah setelah kulitnya baikan konsultasi lagi ke dokter dan tidak menggunakan krim itu lagi.

Dan katanya baru tau nih, kalau racikan dokter itu namanya skincare etiket biru. Kulit sehat, fresh itu tidak terjadi secara instan harus dengan perawatan yang benar bukan hanya dari luar tapi dari dalam juga, menjalani pola hidup sehat , makanan bergizi , istirahat yang cukup dan jangan lupa olahraga.

bahayanya skincare etiket biru

So, kesimpulannya safety first and safe money, membeli krim sembarangan dengan harga murah tetapi ketika pengobatan justru butuh uang yang banyak. Intinya juga jangan fomo dengan iklan-iklan skincare, yang belum tentu cocok dengan keadaan kulit wajah kita. Wajah cantik itu bukan harus putih tetapi lebih terlihat fresh, sehat dan tidak kusam.

skincare etiket biru


Sukseskan juga program “Berseru” dari BPOM, bersama tertibkan skincare etiket biru dengan begitu tidak hanya dari badan pom. Yang mengawasi dan juga ikut memberikan dukungan, memberikan informasi serta edukasi yang tujuan akhirnya adalah memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Indonesia tentunya dalam hal ini kesehatan kulit. Ingat ya cantik itu bukan wajah putih, cantik juga bisa terpancar dalam hati. Jalani pola hidup sehat, jangan stress dan jaga hati🫶

utieadnu😊